SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : I Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi Tugas Perkembangan | Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara bersedia mengembangkan keterampilan intelektual untuk menjadi warga masyarakat yang baik |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu mengenal sekolah secara benar, bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara bertanggung jawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
SMK N 1 PATI Sekolahku | | Orientasi | Pribadi dan Sosial | Pemahaman |
a. Sekolah di SMKN 1 Pati | Menyadari proses masuk sekolah di SMK N 1 PATI sebagai lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri | | | |
b. Pengenalan terhadap sekolah | Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan keterampilan | | | |
c. Pentingnya keseriusan dalam belajar | Memiliki keseriusan dalam belajar untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : I Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Kompetensi Dasar | Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Tata Tertib Sekolah | | Orientasi | Pribadi dan Sosial | Pemahaman dan Pencegahan |
a. Untuk apa ada tata tertib? | Menyadari arti penting tata tertib dalam kehidupan sehari-hari sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehendaki aturan | | | |
b. Tata tertib di sekolah | Melaksanakan tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan berperilaku yang terpuji sebagai anggota sekolah | | | |
c. Hak dan kewajiban siswa | Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah sehingga terjadi keseimbangan dalam dan hubungan timbal balik antara siswa dan sekolah | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : I Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi Tugas Perkembangan | Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara mengenal dan menggambarkan diri sebagai pribadi yang positif Bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat yaitu sebagai pribadi yang memiliki konsep diri positif |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu menggambarkan diri secara positip sehingga dapat mencapai berbagai kemandirian yang dibutuhkan dalam hidupnya berdasarkan sietem nilai dan etika yang berlaku sehingga tingkahlakukanya dapat diterima oleh masyarakat |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Konsep Diri | | Konseling kelompok dan Layanan Informasi | Pribadi | Pemahaman dan Pengembangan |
1. Siapakah aku? | Menilai diri secara positip sebagai remaja agar hidupnya menjadi semakin bermakna | | | |
2. Pengertian dan jenis macam konsep diri | Memahami berbagai pengertian dan macam-macam konsep diri sehingga dapat bersikap dengan tepat untuk menetapkan konsep dirinya dan mampu menerapkan dalam hidup sehari-hari | | | |
3. Faktor – faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri | Mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri sehingga dapat mengevaluasi perkembangan dirinya dan dapat memperbaiki terhadap kekurang diri yang ada | | | |
4. Usaha-usaha untuk mengembang kan konsep diri remaja | Mengenal usaha-usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja sehingga berupaya untuk berkembang menuju kematangan dan kedewasaan diri | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : I Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | 1. Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi dengan cara menjadi pribadi yang memiliki motivasi yang kuat untuk berprestasi 2. Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai sehingga terdorong untuk menjadi pribadi yang sukses |
Kompetensi Dasar | S iswa mampu memotivasi diri untuk belajar sehingga berhasil dan berprestasi dalam hidupnya |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Motivasi Berprestasi | | Layanan Penguasaan Konten | Belajar | Pemahaman dan Pengembangan |
Pentingnya motivasi | Memahami arti penting motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama belajar | | | |
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar | Mengenal berbagai faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar dan peningkatan prestasi belajar | | | |
Cara menumbuhkan motivasi belajar | Mengetahui berbagai cara untuk menumbuhkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan upaya untuk mempelajari berbagai hal | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : II Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | 1. Mencapai kematangan dalam hal gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi dengan cara memahami diri secara psikologis 2. Mencapai kematangan dalam hubungandan perannya antar teman sebaya baik pria maupun wanita sehingga terjalan saling pengertian dan pemahaman dalam masa pertumbuhan /perkembangan remaja 3. Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara mengembangkan diri sesuai dengan tahapan-tahapan yang perlu dilewati |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu memahami dan mengenal dirinya berdasarkan aspek kejiwaan yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan dirinya |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Psikologi Remaja | | Orientasi dan Bimbingan Kelompok | Pribadi dan Sosial | Pemahaman dan Pencegahan |
Siapa Remaja Itu ? | Mengenal diri sebagai pribadi dalam masa remaja sehingga dapat bersikap dengan tepat terhadap dirinya sendiri | | | |
Perubahan yang terjadi pada masa remaja | Siswa mampu menjelaskan perubahan yang terjadi pada diri dalam masa remaja sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut | | | |
Masa transisi dan adaptasi | Bersikap dengan bijak selama masa transisi dan adaptasi dalam masa remaja sehingga dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : I Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang dianugerahi dengan aneka macam kelebihan dan keunggulan dalam kecerdasan |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu mengenal berbagai macam kecerdasan manusia dan memahami kecerdasan dirinya yang telah diberikan dari Tuhan YME secara cuma-cuma, serta menerapkannya secara bertanggungjawab sebagai bukti manusia yang beriman , bertakwa, dan berakhlak mulia |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Mengenal delapan jenis kecerdasan manusia | | Informasi Bim. Kelompok | Pribadi- Belajar | Pemahaman Pemeliharaan Pengembangan |
Anugerah gratis | Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara gratis dari Tuhan, memanfaatkan & mengembangkan secara seimbang dan bertanggungjawab agar hidup menjadi lebih bermakna | | | |
Aneka macam kecerdasan manusia | Mengenal aneka macam kecerdasan manusia pada umumnya dan kecerdasan diri pada khususnya sehingga dapat mengembangkannya untuk membantu kehidupannya menjadi lebih baik | | | |
Mau memahami Perbedaan kecerdasan | Menerima dan menghargai perbedaan kecerdasan antar manusia, serta memanfaatkan perbedaan itu untuk saling melengkapi sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : II Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | 1. Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan cara menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia / mendasarkan diri pada nilai-nilai kehidupan 2. Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara menghayati hidup keseharian yang berdasarkan nilai-nilai kehidupan 3. Mencapai kematangan agar dapat bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara menerapkan nilai-nilai Kehidupan |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu mengenal dan melaksanakan nilai-nilai kehidupan dalam pergaulan hidup sehari-hari |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Nilai-nilai kehidupan | | Kons.Kelp Bim. Kelp | Pribadi- Sosial | Pemahaman dan Pengembangan |
Pengertian nilai kehidupan | Memahami arti nilai kehidupan yang selayaknya dimiliki oleh manusia | | | |
Kategori dan aspek Nilai | Menentukan beberapa nilai kehidupan utama yang dianggap paling penting dalam hidup sehari-hari | | | |
Contoh nilai-nilai kehidupan | Memahami nilai-nilai kehidupan yang ada di tengah masyarakat dan menghargai perbedaan pemilihan nilai kehidupan | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : II Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir untuk memasuki dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu mencapai kematangan dalam pemilihan karir untuk mempersiapkan cita-cita masa depannya |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Wawasan dan kseiapan karier | | Informasi Penempatan dan Penyaluran | Karier | Pemahaman dan Pengembangan |
Pengertian bimbingan karier | Siswa mampu memperoleh pemahaman diri,lingkungan kerja, dan dunia kerja agar dapat mengarahkan dirinya ke suatu bidang pekerjaan yg selaras dan sesuai dengan dirinya dan kebutuhan masyarakat | | | |
Tahap-tahap perkembangan karier | Siswa mampu memahami tahap-tahap perkembangan karir, untuk menentukan arah pilihan karir sesuai bakat, minat dan potensinya | | | |
Sukses berkarya dengan SMK | Siswa memiliki kepercayaan diri lebih sebagai siswa SMK yang siap pakai di dunia kerja | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : II Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | Memahami perkembangan kepribadian sebagai cara yang unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu tumbuh menjadi pribadi yang matang |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Kepribadian Manusia | | Informasi | Pribadi | Pemahaman dan Pengembangan |
Pengertian kepribadian | Siswa mampu menjelaskan pengertian kepribadian | | | |
Faktor-faktor yang membentuk kepribadian | Siswa memahami faktor-faktor apa saja yang membentuk kepribadian seseorang | | | |
Tipe-tipe kepribadian manusia | Siswa dapat memahami tipe kepribadiannya masing-masing | | | |
Kepribadian matang | Siswa memahami pentingnya kematangan kepribadian sebagai gambaran kedewasaan seseorang | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : II Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | Kesadaran tanggung jawab kehidupan pribadi dan sosial |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu membangun ketahanan diri ( self esteem ) terhadap NARKOBA |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Say No To Drug | | Penguasaan Konten | Sosial | Pemahaman dan Pencegahan |
Jenis NARKOBA | Siswa dapat mengenal berbagai jenis dan bentuk fisik dari zat-zat adiktif ( NARKOBA ) | | | |
Dampak Penggunaan NARKOBA | Siswa memahami akan bahaya dari pergaulan bebas terutama dalam penggunaan NARKOBA | | | |
Tips agar terhindar dari jerat NARKOBA | Siswa dapat membentengi dirinya dari jerat NARKOBA | | | |
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Sekolah : SMK Negeri 1 Pati Kelas : X
Semester : II Guru Pembimbing : Nurul Dyah F,S.Pd
Standar Kompetensi/ Tugas Perkembangan | Kesadaran tanggung jawab kehidupan sosial |
Kompetensi Dasar | Siswa mampu menerapkan sikap dan kebiasaan yang sesuai dengan lingkungannya |
Materi layanan | Indikator/ Tujuan layanan | Jenis Layanan | Bidang Bimbingan | Fungsi Layanan |
Penyesuaian Diri | | Kelompok kelompok | Sosial | Penyesuaian dan Pengembangan |
Aspek- Aspek Penyesuaian Diri | Siswa dapat memahami aspek penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial | | | |
Faktor yang Menghambat Penyesuaian Diri | Siswa dapat mengemukakan beberapa faktor yang menghambat dalam proses penyesuaian dirinya dengan lingkungan sekitarnya | | | |
Manfaat penyesuaian diri | Siswa dapat memaknai manfaat dari penyesuaian diri dalam kehidupan sehari-harinya | | | |
Tips untuk menyesuaikan diri | Siswa dapat lebih percaya diri dalam menghadapi lingkungan yang baru | | | |
Sangat membantu, ijin copas ya :)
BalasHapus